Monev Prodi S1 Psikologi UM Banjarmasin, Semester Ganjil 2020/2021

By in
41
Monev Prodi S1 Psikologi UM Banjarmasin, Semester Ganjil 2020/2021

psikologi.umbjm.ac.id, BATOLA – Prodi S1 Psikologi telah melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh tim monev Lembaga Penjamin Mutu (LPM) yang berasal dari luar prodi S1 Psikologi.

Kegiatan rutin tahunan kali ini dilakukan secara online atau daring, dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada Kamis, (15/4/2021) dan sesi kedua dilaksanakan pada Rabu, (27/4/2021).

Monitoring dan Evaluasi dilakukan kepada Dekan Fakultas Psikologi, Kaprodi S1 Psikologi, dan Gugus Penjamin Mutu Fakultas Psikologi. Dua orang tim monev dari LPM secara rinci menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tata kelola di fakultas dan prodi.

Monitoring secara esensial dapat didefinisikan pada tataran konsep bahwa monitoring berarti proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program, memantau perubahan, yang fokus pada proses dan keluaran. Monitoring melibatkan perhitungan
atas apa yang dilakukan serta melibatkan pula
pengamatan atas kualitas dari layanan yang diberikan.

Sedangkan evaluasi yaitu penggunaan metode
penelitian sosial yang secara sistematis menginvestigasi efektivitas program, menilai kontribusi program terhadap perubahan (goal) dan menilai kebutuhan perbaikan, kelanjutan atau perluasan program (rekomendasi).

Hal-hal yang dinilai dari monev kali ini sudah berbasis pada penilaian 9 kriterial/standar yang ditetapkan BAN-PT. Yang selanjutnya hasil monev dilaporkan kepada Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UM Banjarmasin, dan disampaikan evaluasi yang harus diperbaiki kepada pihak terkait, terutama dekan dan kaprodi.

54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *