Pusat Layanan Psikologi

SERVICE OVERVIEW

Pusat Layanan Psikologi

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

1 . Tentang PLP

Pusat Layanan Psikologi (PLP) merupakan lembaga non struktural dan semi otonom yang dikelolah secara profesional sebagai wadah pelatihan dan pengembangan wawasan keterampilan bidang psikologi bagi para dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

PLP bertujuan untuk memberikan pelayanan psikologis baik kepada civitas akademika di lingkungan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin maupun masyarakat luas dalam rangka memperluas dan mengembangkan ilmu psikologi.

PLP sebagai lembaga semi otonom, pengelolaannya berpijak pada prinsip kemandirian dalam cash flow (segala pembiayaan). Sebagai konsekuensinya, PLP merupakan unit semi profit dalam menjalankan visinya . Dikatakan profit karena berdirinya PLP bertujuan untuk kesejahteraan dosen dan karyawan, dan dikatakan semi karena keberadaannya mendukung kegiatan fakultas psikologi, sebagai laboratorium dan lembaga pengabdian kepada masyarakat. Visi Menjadikan PLP sebagai pusat layanan psikologi yang terkemuka, unggul dan profesional di Kalimantan dengan memadukan unsur-unsur intelektual, emosional, sosial dan spiritual”. 

2. Waktu Layanan

Hari : Senin – Jum’at
Waktu : 08.00 – 12.00

3. Produk PLP Muhammadiyah Banjarmasin

a. Bidang Assesment dan Testing

Pada bidang ini, PLP menawarkan jasa pelayanan psikologi berupa:

Individual dan keluarga

Bertujuan membantu pengembangan potensi individual, maupun permasalahan yang ada dalam keluarga, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang lebih baik dengan memberikan:

  • Konsultasi individu
  • Psikoterapi
  • Psikotest Individu
  • Evaluasi kepribadian
  • Home visit

Industri dan organisasi

Bertujuan membantu perusahaan dan organisasi dalam mendapatkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan kerja, melalui:

  • Tes Potensi Psikologi
  • Tes Kompetensi Psikologis (dengan metode assessment center)
  • Seleksi dan Rekrutmen

Individual dan Pendidikan

Bertujuan membantu individual, tenaga pendidik, maupun organisasi pendidikan dalam melihat potensi dan minat yang dimiliki oleh siswa sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki dengan memberikan:

  • Tes Bakat Minat
  • Tes Kemampuan Khusus
  • Tes Studi Lanjut
  • Tes Penjurusan

b. Bidang Konsultasi dan Training

Bertujuan membantu perusahaan dan organisasi dalam mendapatkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan kerja melalui :

Jasa Konsultansi

Jasa konsultasi dapat diberikan kepada klien baik secara individu, kelompok, maupun keluarga.Ruang Lingkup konsultasi dapat seputar pendidikan, karir, keluarga, permasalahan individu maupun persoalan lainnya yang biasa dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Kami juga Melayani Konsultansi Pengelolaan SDM, seperti: Analisis Jabatan, Penyusunan Kamus Kompetensi, Analisa Beban Kerja, dll

Training/Pelatihan

1 . Pelatihan dalam Bidang Pendidikan

  • Inovasi Pembelajaran

Dalam pelatihan ini, materi ditekankan pada bagaimana pengelolaan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadian peserta didik. Tentu terlebih dahulu dengan melakukan pemetaan potensi tersebut dengan menggunakan psikotes.

  • Pelatihan Motivasi

Dalam pelatihan ini, ditekankan pada peningkatan motivasi peserta didik dalam meraih prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Pelatihan dalam Bidang Industri dan Organisasi

  • Pelatihan Soft Skill Atasan dan Bawahan

Dalam paket ini, terdapat pelatihan-pelatihan yang ditujukan terhadap salah satu atau banyak soft skill individu. Meliputi, kepemimpinan, motivasi, goal setting, stress management, dan lain-lain. Pelatihan tersebut ditujukan terhadap atasan maupun bawahan suatu perusahaan.

  • Pelatihan Career Planing.

Dalam pelatihan ini, ditekankan pada kesadaran seorang pekerja untuk dapat menentuka kelanjutan dari karir yang telah dipilihnya.

3. Outbond

  • Outbond Anak/Pendidikan

Merupakan proses pembelajaran dengan mengedepankan pengalaman sebagai guru belajar yang baik. Pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan di alam terbuka, di mana peserta didik dapat merasakan senang dan nyaman.

  • Outbond Instansi/Perusahaan

Keberadaan pelatihan yang dilakukan di ruangan tertutup dan dilakukan dalam waktu yang lama cenderung menimbulkan kesan yang membosankan. Untuk itu PLP Muhammadiyah Banjarmasin menyediakan program yang mengkombinasikan dua nuansa, yaitu nuansa dalam ruangan dan nuansa di alam terbuka. Tujuannya tentu saja sebagai sarana refreshing dan peningkatan rasa kebersamaan guna semakin siap melakukan tugas dan tanggung jawabnya di instansi/perusahaan.

 

4. Tim Assesor

a. Assesor inti

1 . Aziza Fitriah, M.Psi, Psikolog

Merupakan lulusan S1 Universitas Islam Negeri Malang dan S2 Magister Profesi Universitas Muhammadiyah Malang yang sudah malang melintang di dunia profesi psikologi. Telah menangani rekrutmen dan assesmen berbagai perusahan diantaranya Astra Indonesia, Auto 2000, Kalimantan Prima Persada, Adaro Group, Bank Mandiri, Kementrian Agama Prov.KalselTeng, Psikolog Asosiate di beberapa Biro antara lain Diva HR Indonesia dan Quantum HRM Surabaya.

2. Ceria Hermina, M.Psi, Psikolog

Lulusan S1 Universitas Islam Indonesia dan S2 Magister Profesi Universitas Ahmad Dahlan, konsultan layanan Pusat Layanan Autis Dinas Pendidikan Prov. Kalimantan Selatan, konsultan di beberapa sekolah inklusi di Banjarmasin, narasumber Bimtek Kepala Sekolah se-Kalimantan Selatan dalam bidang pendidikan inklusi, rekrutmen dan assesmen di berbagai perusahaan diantaranya Astra Indonesia, Sapta Idra Sejati Indonesia, FMF, AEA, kepala SDM Pusat Layanan Autis Prov Kalimantan Selatan serta asosiate di Biro PSDM YASIKA Banjarmasin, Biro Diva HR Indonesia

3. Lita Ariani, M.Psi, Psikolog

Lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Malang dan S2 Magister Profesi Islam Indonesia. Menangani berbagai rekrutmen dan assesmen diberbagai perusahaan antara lain : Astra Indonesia, Adaro Group, Matahari Group, Bank Mandiri, Indofood Tbk serta associate di biro Diva HR Indonesia, CPC Indonesia.

4. Dyta Setiawati, M.Psi, Psikolog

S1 dan S2 Universitas Muhammadiyah Malang dan sudah menangani rekrutmen serta asesmen di perusahaan SIS Indonesia, Associate Experd, konsultan sekolah IT Assalam, serta Associate di Biro Imajiner.

5. Achmad Faisal, S.Psi, M.Si

S1 dan S2 Universitas Muhammadiyah Malang dan juga menjadi konselor pendidikan di beberapa sekolah yang ada di Banjarmasin, serta berpengalaman dalam mengisi training motivasi.

6. Fikri, S.Psi, M.Si

S1 Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan S2 Universitas Muhammadiyah Malang. Pernah Menjadi asisten psikolog di Unit Konsultasi dan Pelayanan Psikologi (UKPP) ULM Banjarmasin.

b. Associate

  1. Galuh Dwintasari, M.Psi, Psikolog
  2. Shanty Khomalasari, M.Psi, Psikolog
  3. Dina Aprilia, M.Psi, Psikolog
  4. Siti Bulkis, S.Psi, MM
  5. Hurriatul Fikriah, M.Psi, Psikolog

 

HOT LINE : More Information
Ceria Hermina (081 351 345 050)

Lita Ariani (085 234 123 490)

Email : plpumbjm@gmail.com